Kamis, 25 Februari 2010

AKU INGIN KULIAH

Akan menjadi pembicaraan yang hangat dibicarakan oleh anak-anak kelas 3 SMA dan sederajat di akhir tahun ajaran, adalah rencana melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.Menjadi salah satu impian terbesar bagi beberapa anak, melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, baik di dalam maupun di luar negeri. Semua tergantung pada niat, minat dan kepuasan hati masing-masing. Sering banget yang namanya berdiskusi tentang kelanjutan study, baik dengan keluarga, teman sekolah, dengan guru, konseling dan lainnya. Perguruan tinggi membuka lebar akses masuk menjadi kandidat mahasiswa baru, asal otak jumlah angka “0″ dalam persediaan rupiah keluarga mendukung.
Banyak alasan yang membuat pelajar kelas 3 SMA atau sederajat bersikukuh ingin kuliah. Mereka mungkin melihat dari sistem pengajaran yang lebih baik jika dibanding pendidikan formal di bawahnya, pelatihan kemandirian dalam belajar, mengkaji masalah yang lebih kompleks, ilmu-ilmu yang lebih dominan, dan banyak alas an pendukung seperti aktivitas mahasiswa yang padat, organisasi serta himpunan mahasiswa yang tentu akan menambah pengalaman. Ya, walau semua itu baik atau tidaknya tetap tergantung pada mahasiswa/mahasiswinya sendiri. Kalau memang serius belajar ya pasti bisa. Mereka yang pernah mengenyam pendidikan di perguruan tinggi baik luar maupun dalam negeri pasti punya network yang lebih luas untuk prospek kerja nanti. Apalagi di ke Indonesia untuk melamar kerja, biasanya sarjana lebih dicari, karena jaminan mutu, pengalaman dan ilmu.
Masalah yang sering muncul ketika kita membulatkan tekad untuk kuliah lagi-lagi masalah biaya, (segmen ini pengecualian bagi orang-orang berdompet tebal diluar sana). Kuliah mahal, belum biaya pulang-pergi, terus untuk biaya hidup selama kuliah bertahun-tahun. Iya kalau setelah kuliah jaminan kerja pasti, kalau tidak ?? Itu yang sering menjadi momok bagi sebagian pelajar dengan ekonomi keluarga menengah. Tapi walaupun begitu pasti tetap ada jaln. Salah satunya adalah beasiswa. Banyak sekali vbeasiswa yang ditawarkan sebelum kita mendaftar perguruan tinggi, atau setelah mendaftar pun pasti banyak jalan, asal kita ada kemampuan dan motivasi
Menuntut ilmu itu sebenarnya salah satu alasan yang kuat untuk bisa mewujudkan keinginan kuliah.Sering-sering cari informasi dari internet, tentang beasiswa-beasiswa, tentang prodi perguruan tinggi supaya kita tidak hanya stuck pada satu jalan. Tidak boleh pesimis. Setidaknya kita bisa berkaca dimana letak kekurangan kita untuk persiapan masuk perguruan tinggi, asal benar-benar diusahakan untuk belajar yang keras, pasti bisa. Yang penting jangan pernah sia-siakan kesempatan yang ada untuk terus melangkah menyongsong masa depan cemerlang. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar